arti kata pengukuranPengertian Pengukuran atau arti kata pengukuran itu apa sih?

Terkadang kita sudah belajar mengenai kalibrasi alat ukur untuk berbagai macam parameter, dari cara mengambil data, pengolahan data ketidakpastian pengukuran, sampai dengan pembuatan laporannya. Tetapi ketika ditanya mengenai pengertian pengukuran kita diam seribu kata?

Apakah ini terjadi pada anda he he?

Paling tidak dahulu hal ini terjadi pada diri saya, ketika ditanya oleh auditor mengenai definisi dan pengeritan pengukuran saya diam dan bingung merangkai kata-kata untuk menjelaskannya.

Berikut ini adalah definisinya :

Pengukuran merupakan suatu kegiatan untuk menhubungkan / mengkaitkan angka secara empirik dan objective pada sifat sifat objective / kejadian nyata sehingga didapatkan gambaran yang jelas mengenai suatu objek / kejadian tertentu dari angka yang telah kita dapatkan tadi.

Sudah tau kan sekarang…

Lalu apa ya fungsi dari pengukuran tersebut?

Secara sederhana sebenarnya kegiatan pengukuran yang kita lakukan itu berfungsi sebagai alat komunikasi. Komunikasi disini bisa juga diartikan secara luas, contohnya komunikasi antara penjual dengan pembeli.

Di dalam suatu perusahaan manufakture,pengukuran sangatlah penting, karena segala sesuatu yang menjadi parameter dari suatu produk yang kita hasilkan tidak lepas dari angka angka yang hanya bisa di dapatkan melalui proses pengukuran.

Pengukuran yang dilakukan dengan benar akan memberikan manfaat antara lain sebagai berikut :

1. Membuat gambaran melalui karakteristik dari suatu object yang kita teliti.

2. Dalam industri dapat digunakan sebagai alat komunikasi dari mulai riset, operator, pengujian sampai dengan jaminan mutu terhadap produk yang dihasilkan.

3. Dapat digunakan sebagai dasar melakukan prediksi terhadap sesuatu yang akan terjadi.

4. Sebagai pengendalian serta jaminan mutu.

Ukuran pada saat ini sangatlah beragam, tetapi tahukah anda jika pengukuran pada zaman dahulu kala hanya terbatas dari untuk besaran panjang saja dan hanya digunakan untuk keperluan perdagangan. Dan karena pada saat itu belum ada alat ukur seperti saat ini, maka alat ukur yang digunakan merupakan bagian dari tubuh mereka.

Cubit merupakan ukuran tertua yang diturunkan dari jarak antara ujung jari tengah dan siku dari raja firaun.

Mudah mudahan artikel tentang pengertian pengukuran ini bermanfaat untuk anda.

Incoming search terms:

  • pengertian pengukuran
  • fungsi pengukuran
  • pengertian kalibrasi
  • pengertian alat ukur
  • definisi pengukuran
  • manfaat pengukuran
  • arti pengukuran
  • pengertian dari pengukuran
  • manfaat kalibrasi
  • makalah kalibrasi alat ukur