spektrofotometer uv vis

Sebelum membahas tentang spektrofotometer UV Vis, ada baiknya kita dasari dahulu dengan pengertian spektrofotometri. Analisa spektrofotometri merupakan pengukuran konsentrasi larutan dengan membandingkan suatu standar yang telah diketahui konsentrasinya berdasarkan pada pengukuran serapan radiasi panjang gelombang elektromagnetik.

Dan alat yang digunakan untuk analisa proses spektrofotometri diatas dinamakan dengan spektrofotometer atau dengan kata lain alat ini mengukur jumlah cahaya yang diserap sesuai dengan panjang gelombang tertentu. Ada beberapa alat / instrumen dimana prinsip kerjanya berdasarkan interaksi dengan radiasi elektromagnetik ini yaitu NMR, IR, XRD, UV-Vis (dimana terjadi interkasi antara molekul dengan radiasi elektromagnetik), AAS dan AFS (interaksi terjadi antara atom dan radiasi elektromagnetik).

Kembali lagi ke spektrofotometer UV Vis, secara prinsip alat ini sebenarnya sederhana (berbeda dengan instrument analisa lainnya seperti HPLC) yaitu Sumber cahaya yang bertugas untuk memancarkan semua warna cahaya yang kemudian warna tersebut akan terfilter oleh monokromator berdasarkan panjang gelombang yang kita pilih dan dikirimkan ke sampel. Hasil pengurangan nilai serapan / absorbansi tersebut akan terdeteksi oleh detektor. Sumber cahaya yang digunakan dalam spektrofotometer UV Vis adlah merkuri / gas nitrogen (untuk daerah ultraviolet), Tungsen Lamp (untuk daerah visible). Umur dari lampu tersebut biasanya kurang lebih selama 2000 jam pemakaian, meskipun ada beberapa pabrikan yang saat ini berani memberikan garansi lebih dari 2000 jam tersebut.

Kuvet merupakan bagian dari spektrototometer yang terbuat dari bahan Quartz (yang ini lebih direkomendasikan dibanding dengan bahan lainnya). Tetapi saat ini beberapa spektrofotometer UV Vis ada yang menjualnya dengan accesories yang disebut sipper sistem dimana keberadaan kuvet tersebut tidak lagi dibutuhkan.

pada saat kita akan melakukan pembelian spektrofotometer UV Vis biasanya kita dihadapkan dengan beberapa spesifikasi dari alat tersebut. Berikur ini adalah arti / pengertian dari istilah yang ada dalam spesifikasi tersebut.

Wavelenght Range : Rentang ukur panjang gelombang alat.

Stray light adalah banyaknya cahaya dari luar yang bisa mengganggu pembacaan, sehingga semakin kecil stray light maka semakin bagus spektrum yang akan dihasilkan.

Spectral bandpass atau slit adalah celah tempat masuknya cahaya sebelum ke detektor. sehingga semakin besar spectral bandpass maka semakin banyak cahaya yang dilewatkan, semakin kecil spectral bandpass semakin sedikit cahaya yang dilewatkan dan semakin selektif. Untuk Uv-Vis double beam spectral bandpass sebesar 1,5 nm sudah termasuk selektif.

Wavelength Accuracy adalah ketepatan panjang gelombang  yang di dapatkan  apabila di bandingkan dengan standar parameter panjang gelombang yang telah di tentukan , hasil yang di dapatkan pada pengkuran pada  panjang gelombang tersebut   harus didapatkan hasil  yang ± 0,3 nm perbedaan nya, sedang kan apabila di ukur pada panjang gelombang 656,nm( dengan menggunakan lampu D2 )hasil yang di dapat kan adalah ± 0,1 nm perbedaan nya.

Wavelength Reapatability adalah pengulangan pembacaan wavelength accuracy sebanyak minimal 2 kali, dan hasil perbedaan nya tidak boleh melenceng dari  ± 0,1 nm

Photometric adalah pembacaan absorbansi dan transmitan. sedangkan photometric range adalah rentang minimum-maksimum pembacaan absorbansi dan transmitan.

Baseline stability adalah pembacaan absorbansi selama kurang lebih satu jam pada panjang gelombang tertentu tanpa adanya sampel, untuk melihat apakah absorbansi stabil pada daerah sekitar 0 Abs dengan toleransi ± 0.001 Abs dalam kurun waktu tersebut. Dengan mengukur kestabilan baseline ini kita bisa memastikan bahwa tidak ada faktor pengganggu dari alat yang bisa menyebabkan perubahan absorbansi sampel setelah alat digunakan sekian waktu

Baseline flatness adalah pembacaan absorbansi pada range panjang gelombang tanpa adanya sampel untuk memastikan bahwa tidak ada serapan yang berarti pada masing2 panjang gelombang tersebut yang bisa mempengaruhi pembacaan sampel. Tanpa sampel harusnya di masing2 panjang gelombang tersebut abs hanya sekitar ± 0.002 Abs

O ya, kami juga melayani perbaikan / kontrak maintanance untuk unit alat spektrofotometer UV Vis ini. Silakan Hubungi kami di 0881-112-5189 atau silakan tinggalkan komentar dibawah ini.

Incoming search terms:

  • spektrofotometer
  • spektrofotometer uv-vis
  • spektrofotometri uv-vis
  • pengertian spektrofotometri
  • sumber radiasi pada spektrofotometer uv-vis
  • Spektrofotometri UV Vis
  • prinsip kerja spektrofotometer uv-vis
  • prinsip kerja spektrofotometer uv vis double beam
  • spektofotometer
  • prinsip analisa spektro uv-vis